Rabu, 12 Januari 2011

TIPS AND TRICKS BERINTERNET SEHAT

I. PENDAHULUAN
Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi dan informasi global. Bayangkan, sejuta manfaat bisa kita dapat hanya bermodalkan kemampuan dan kemauan menggunakan internet. Misalnya,berkorespondensi dengan rekan, relasi, sahabat dan handai taulan kita di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia dengan mudah, murah dan cepat. Kita juga bisa dengan leluasa mendapatkan data dan informasi untuk membantu tugas sekolah/kampus atau pekerjaan, mendapatkan informasi/berita nasional maupun mancanegara, mencari pekerjaan ataupun beasiswa, mengumpulkan resep makanan hingga kiat berumah-tangga, memperluas jaringan pertemanan dan bisnis, bahkan termasuk menggali ilmu tentang kesehatan dan agama sekalipun.

Tentu saja tidak seluruh isi di Internet dapat bermanfaat, jika kita tidak pandai-pandai menggunakannya. Karena sifat Internet yang cenderung bebas tanpa kontrol atau dikuasai pihak manapun, maka ada saja materi atau isi yang bersifat negatif di Internet ataupun yang dikirim/terkirim melalui Internet. Sebutlah semisal pornografi, perjudian, kekerasan (sadisme) dan rasialisme. Belum lagi dengan aneka macam program jahat (virus,worm,trojan horse,spyware) yang dapat mencuri bahkan merusak data di komputer, serangan e-mail sampah (spam), penipuan, pelanggaran privasi hingga pelecehan seksual.

Tetapi jangan khawatir karena hanya dengan pemahaman yang cukup tentang Internet serta didukung kedewasaan kita dalam memilih dan memilah hal yang baik dan buruk, maka kita akan memaksimalkan dampak positif Internet serta sekaligus meminimalkan dampak negatifnya.

Pastinya, semua pihak memiliki andil dalam membantu, menyediakan atau menyelenggarakan Internet yang aman dan nyaman bagi anak, remaja, atau siswa didik :
1. Orang tua harus tetap mendampingi anaknya ketika bereksplorasi dengan Internet di rumah.
2. Guru harus senantiasa membimbing siswa didiknya agar dapat menggunakan Internet dengan baik dan benar saat di sekolah.
3. Komunitas, termasuk pengelola warnet (warung Internet), pelaksana program ekstrakurikuler, lembaga pelatihan dan sebagainya harus bahu-membahu dalam mengedukasi masyarkat tentang ner-internet yang sehat.
4. Anak, remaja maupun siswa didik diharapkan dapat belajar bertanggung jawab atas perilaku mereka sendiri termasuk ketika menggunakan Internet, tentunya dengan bimbingan dan arahan dari orang tua, guru, maupun komunita

Sumber: Booklet Internet Sehat-DEPKOMINFO dan www.ictwatch.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar