Selasa, 28 Desember 2010

HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS


Merupakan buku terakhir dari kisah petualangan Harry Potter yang menceritakan pertempuran terakhir antara Harry Potter dan Pangeran Kegelapan.

Diceritakan Harry, Ron, dan Hermione tidak lagi kembali ke Hogwarts. Mereka menempuh perjalanan untuk mencari dan menghancurkan horcrux-horcrux yang pernah dibuat oleh Pangeran Kegelapan. horcrux-horcrux tersebut haruslah dihancurkan agar Pangeran Kegelapan dapat dimusnahkan.

Perjalanan menjadi semakin sulit saat kekuasaan Pangeran Kegelapan semakin meluas. Dia berhasil mengendalikan sebagian besar dunia sihir. Harry, Ron, dan Hermione harus sangat berhati-hati karena mereka menjadi target utama Pangeran Kegelapan dan pasukan Pelahap mautnya.

Pertempuran terakhir ini adalah pertempuran terbesar yang terjadi dalam dunia sihir sejak kejatuhan Pangeran kegelapan enam belas tahun yang lalu. Sejak awal cerita, banyak korban berjatuhan dari kedua belah pihak, juga dari pihak yang tidak bersalah.

Tetapi, ada juga peristiwa yang baik terjadi. Pernikahan Bill Weasley dan Fleur Delacour, Remus Lupin dan Nymphadora Tonks merupakan sedikit pencerah dari kegelapan yang terus membayangi buku terakhir petualangan Harry Potter ini.

Pada akhir cerita, akan terkuak sebuah kenyataan yang mengejutkan. Semua kejadian di masa lalu akan dijelaskan dengan gamblang dan terperinci. Tokoh-tokoh misterius yang muncul di cerita-cerita awal akan menjadi jelas jati dirinya di cerita ini. Juga kenyataan bahwa yang terlihat baik tidak selalu baik, dan yang terlihat jahat tidak selalu jahat.

***

Di buku ini J.K. Rowling berhasil membuat para pembacanya terhanyut dalam pertempuran di dunia sihir. Jalan cerita yang tidak terduga merupakan klimaks dari seri petualangan Harry Potter.

Banyaknya kejadian-kejadian tidak terduga yang terjadi di dalam buku ini membuat 999 halaman terasa tidak begitu banyak. Karakter-karakter para tokoh disini menjadi semakin kuat dan jelas.

Masa lalu tokoh-tokoh yang cukup dominan dalam cerita-cerita sebelumnya dibeberkan secara gamblang oleh Rowling, membuat para pembaca memahami lebih dalam karakter tokoh-tokoh tersebut.

Sayangnya, dari epilog yang diberikan oleh Rowling kurang dapat memuaskan keingintahuan para penggemarnya. Epilog yang ditampilkan cukup singkat dengan beberapa tokoh baru yang tidak jelas -meskipun kita tetap dapat menebak hubungan mereka dengan tokoh-tokoh sentral. Dan beberapa tokoh lama terkesan dihilangkan atau tidak diceritakan dalam epilognya.

Meskipun epilog yang kurang memuaskan dan beberapa pembunuhan tokoh yang telah cukup mendapat tempat di dalam hati para penggemarnya banyak menimbulkan protes di sana-sini, overall, menurut saya buku ini masih yang terbaik dari keseluruhan petualangan Harry Potter.

HARRY POTTER AND THE HALF BLOOD PRINCE


Harry yang di tahun keenamnya di Hogwarts diangkat jadi kapten tim Ouidditch Gryffindor heran sekali, mendadak Quidditch jadi sangat populer. Banyak sekali anak yang mendaftar ingin masuk tim, bahkan sampai ada anak-anak Huffleput dan Ravenclaw yang menyelundupkan. Tetapi seperti kata Hermione.

"Bukan Quidditch yang ngetop, tapi kau! Kau belum pernah semenarik ini, dan jujur saja, kau belum pernah sekeren ini.

"...Seluruh dunia sihir harus mengakui kau benar soal Voldemort telah kembali dan bahwa kau telah menghadapinya dua kali dalam dua tahun terakhir ini dan berhasil selamat dalam dua-duanya. Dan sekarang mereka menyebutmu 'Sang Terpilih' - nah, coba tidak bisakah kau melihat kenapa orang terpesona olehmu?"

Pantas saja gadis-gadis sampai nekat mau memberikan ramuan cinta kepada Harry. Namun Harry tidak memusingkan semua ini. Hanya ada satu gadis yang memenuhi pikirannya. Lagi pula dia sangat sibuk. Tahun ini Dumbledore memberinya pelajaran privat. Mempersiapkannya menghadapi musuh bebuyutannya. Lord Voldemort. Seperti dikatakan Ron. Dumbledore pasti tak akan membuang-buang waktu memberinya pelajaran kalau dia menganggap Harry pecundang - dia pasti berpendapat Harry punya peluang!

Harry mengira cita-citanya untuk menjadi Auror telah kandas, karena nilai Ramuannya tidak mencukupi. Namun dia keliru. Tahun ini Snape tidak lagi mengajar Ramuan, dan Harry menjadi yang paling pintar dalam kelas Ramuan - berkat bantuan Pangeran Berdarah-Campuran!

HARRY POTTER AND THE ORDER OF THE PHEONIX


Dumbledore menurunkan tangannya dan menatap Harry melalui kacamata bulan-separonya. "Sudah waktunya bagiku," katanya, "untuk memberitahumu apa yang seharusnya kuberitahukan kepadamu lima tahun lalu, Harry. Duduklah. Aku akan mengungkapkan segalanya."

Tak diragukan lagi tahun kelima Harry Potter bersekolah di Hogwarts merupakan tahun yang sangat penting. Kini ia berusia lima belas tahun, dan sebagai remaja ia mengalami gejolak masa muda yang mengubah beberapa sifat dasarnya. Ia akan menjalani ujian OWL yang menegangkan, yang menentukan akan jadi apa dirinya setelah lulus. Ia sering sekali bertengkar dengan Cho, sehingga bukan tidak mungkin hubungan mereka putus. Dan ketika ia berkelahi dengan Draco Malfoy, peranannya sebagai Seeker tim Quidditch Gryffindor terancam. Semua ini membuat Harry begitu nelangsa, sehingga untuk pertama kalinya ia ingin sekali meninggalkan Hogwarts.

Di tengah semua kegalauan itu, Lord Voldemort dengan kekuatan sihirnya yang luar biasa terus-menerus menghantui Harry. Tanpa henti Pangeran Kegelapan menyiksanya melalui bekas lukanya, dan akhirnya memaksa Harry bertarung mati-matian melawan para Pelahap Maut. Dan puncaknya adalah ia harus menyaksikan kematian seseorang yang amat dicintainya...

HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE


Masih sama dengan kisah-kisah Harry Potter yang terdahulu. Buku ini kembali menceritakan tenttang petualangan seorang anak bernama Harry Potter pada tahun keempatnya di sekolah sihir Hogwarts.

Pada tahun ini akan diselenggarakan turnamen antara sekolah-sekolah sihir yang diikuti oleh Hogwarts, Durmstrang, dan Beauxbaton. Dengan kedatangan para peserta yang mengikuti turnamen sihir ini, suasana si Hogwarts menjadi lebih meriah, meskipun hal ini juga menyebabkan keadaan di Hogwarts tidak seaman yang diharapkan. Dalam turnamen Triwizard hanya akan ada seorang wakil dari tiap-tiap sekolah yang akan bertanding.

Akan tetapi, tanpa diduga-duga muncul anggota keempat yang ikut dalam turnamen tersebut. Anggota yang bahkan seharusnya tidak dapat mencalonkan dirinya karena tidak memenuhi syarat untuk dapat mencalonkan diri menjadi anggota. Dia adalah Harry Potter.

Selain itu, pada tahun keempat di Hogwarts, Harry Potter dan teman-temannya mulai tumbuh dewasa. Mulai tampak benih-benih cinta di antara mereka. Harry Potter menyukai seorang cewek, dan berusaha mengajaknya ke pesta dansa. Ron mulai menaruh perhatian pada seseorang yang tidak terduga *meskipun Ron tidak tampak usaha mendekatinya*.

Seorang kaki tangan Voldemort berhasil menyusup ke dalam Hogwarts dan mendekati Harry Potter. Dia menyiapkan jebakan yang akan mengantar Harry Potter langsung ke Tangan Pangeran Kegelapan. Jebakan yang akan membuat Pangeran Kegelapan lebih kuat dan lebih berkuasa daripada selama ini.

Apakah yang dilakukannya? Siapa dia? Dapatkah sekali lagi Harry Potter terhindar dari bahaya? Bagaimanakah harry dapat mengikuti turnamen Triwizard? Siapa yang mencalonkannya? Mengapa dia mencalonkan Harry Potter? Dapatkah Harry, sekali lagi, mengalahkan Kau tahu Siapa? Bagaimana kelanjutan hubungan persahabatan antara Harry, Ron, dan Hermione? Siapakah yang disukai Harry? Semua akan terungkap dalam buku ini.

Masih dengan gaya penulisan khas JK Rowling yang enak untuk dibaca, buku ini dapat menjadi bacaan yang ringan dan menghibur, terlepas dari jumlah halamannya yang cukup tebal. Masih banyak lagi kisah-kisah kecil yang terdapat dalam buku ini yang akan membuat anda tidak dapat berhenti membaca sebelum anda menyelesaikannya.

Cerita yang ada di dalamnya mengalir dengan lancar dan cepat, juga munculnya beberapa tokoh baru yang tidak terduga akan menimbulkan hubungan yang menarik antar tokoh dalam buku ini. Bagi para penggemar Harry Potter di buku-buku sebelumnya, maka buku ini wajib untuk dibaca dan dikoleksi.

HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN


SELAMA dua belas tahun, penjara sihir Azkaban yang mengerikan mengurung tawanan berbahaya bernama Sirius Black. Black yang ditahan karena membunuh tiga belas orang dengan dengan satu kutukan, dikabarkan sebagai putra mahkota si Pangeran Kegelapan. Voldemort.

Sekarang Black berhasil kabur. Hanya ada dua petunjuk untuk memperkirakan ke mana kiranya tujuannya: Keberhasilan Harry Potter mengalahkan Voldemort berarti kejatuhan Black juga. Dan para pengawal Azkaban sering mendengar Black mengigau dalam tidurnya, "Dia di Hogwarts... dia di Hogwarts."

Harry Potter tidak aman, bahkan sekalipun dia berada di dalam perlindungan dinding kastil sekolah sihirnya, dan dikelilingi oleh teman-temannya. Karena... mungkin saja ada pengkhianat di antara mereka!

HARRY POTTER AND THE CHAMBER OF SECRETS


Harry memasuki tahun keduanya bersekolah di sekolah sihir Hogwarts. Buku ini sudah lama terbit. Namun, aku tetap suka pada semua buku Harry Potter. Filmnya pun selesai dibuat pada akhir tahun 2002. Saat itu, film Harry Potter and the Chamber of Secret bersaing ketat dengan film lain.

Awalnya sih, judul buku kedua Harry Potter itu bukan Harry Potter and the Chamber of Secret. Melainkan Harry Potter and the Half Blood Prince, yang kini menjadi judul buku ke-6 Harry Potter. Tetapi sang penulis, Bu J.K. Rowling membatalkan nya. Kata Bu J.K. Rowling karena dirasa terlalu cepat mengungkap misteri masa lalu dengan tokoh sihir tingkat tinggi di buku kedua. Begitulah yang kudengar tentang buku Harry Potter and the Chamber of Secret ini.

Di buku kedua ini ada nama yang muncul sekilas dan mulai berperan lebih lanjut di buku ke-5, Harry Potter and the Order of the Phoenix. Tapi, nampaknya sudah tahu semua, kan?? Dan fans Harry Potter setia tentu tahu siapa dia. Tidak perlu diberi tahu pasti sudah ada yang tahu. Dia juga sudah muncul di film Harry Potter and the Order of the Phoenix. Yaitu Luna Lovegood, si cantik dari asrama Ravenclaw!!!

Banyak nama muncul sekilas di buku-buku awal namun berperan penting di buku selanjutnya... siapa lagi yah, selain Luna Lovegood? Ada yang tahu? Di buku kedua ini diperjelas tentang Hogwarts masa lalu. Dan asal-muasal Hogwarts. Yah, pasti semua sudah pada tahu. Siapa saja pendiri Hogwarts itu. Yaitu Godric Gryffindor, Helga Hufflepuff, Rowena Ravenclaw, dan Salazar Slytherin. Ke-4 pendiri Hogwarts itu punya asrama masing-masing. Tidak asing lagi, kan?

Arti dari Harry Potter and the Chamber of Secret itu adalah Harry Potter dan Kamar Rahasia. Di kavernya, itu nampak Harry sedang masuk ke kamar rahasia. Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam tahun kedua Harry bersekolah di Hogwarts ini adalah Prof. Gilderoy Lockhart. Dia adalah seorang pecundang besar. Tahun sebelumnya, guru pertahanan terhadap ilmu hitamnya mati. Tidak ada yang beres dengan mata pelajaran ini. Termasuk di tahun kedua Harry ini.

Tidak sampai satu tahun ajaran Prof. Lockhart mengajar. Saat mendekati tahun ajaran, dia memang terbukti seorang Gryffindor sejati. Topi seleski sempat ingin memasukkan Harry ke asrama Slytherin. Namun Harry menolak untuk ditempa di asrama Slyhterin. Pilihan topi seleksi ternyata ada benarnya juga, topi seleksi menempatkan Harry di asrama Gryffindor tahun sebelumnya. Penyebabnya Harry bisa mengambil pedang Godric Gryffindor dari topi seleksi. Yang menandakan dia Gryffindor sejati.

HARRY POTTER AND THE SORCERE'S STONE


Harry tinggal di rumah paman dan bibinya di Privet Drive no. 13 selama 11 tahun. confused Namun slama itu Harry belum pernah diperlakukan layak oleh paman dan bibinya. Mereka punya anak bernama Dudley-yang super duper besar-Dudley pun sama seperti kedua orang tuanya. Hingga suatu hari, kejadian ajaib mendatanginya. Seorang manusia setengah raksasa tiba-tiba mendatanginya dan mengatakan bahwa Harry seorang penyihir. wizard Sontak saja paman dan bibinya kaget bukan main. Bagaimana mungkin rahasia yang mereka jaga selama 11 tahun terungkap begitu saja kalau Harry Potter adalah seorang penyihir. Singkatnya, Harry dibawa dan diperkenalkan dengan sebuah sekolah sihir bernama Hogwarts dan segala komunitas sihir yang selama ini bersembunyi. Dari sini petualangan Harry Potter "Anak yang Bertahan Hidup" dimulai Di tahun pertamanya di Hogwarts, Harry telah banyak dikenal. Ia juga selain berbakat sihir, juga bakat mengendarai sapu terbang sehingga ia dipilih menjadi seorang seeker di sebuah olahraga bernama Quidditch. cool Selain itu Harry punya 2 orang sahabat, Ronald Weasley dan Hermione Granger. Ron seorang yg konyol dan lucu. Sedangkan Hermione memiliki kecerdasan yang luar biasa. idea Merekalah yang membantu Harry Potter dalam petualangannya. Harry di akhir tahun ajaran pertamanya, berhasil tahu bahwa ada seseorang yang ingin mencuri "SORCERER STONE", batu bertuah, yang disembunyikan di Hogwarts. Air yang dihasilkan batu itu bisa membuat peminumnya berumur panjang. Itulah yang diincar Voldemort, musuh yang telah membunuh kedua orang tua Harry. cry Namun, Harry, Ron dan Hermione bisa menggagal rencananya. Harry nyaris saja kehilangan jiwanya ketika tiba-tiba bekas lukanya begitu sakit saat berhadapan dengan Voldemort yang merasuki tubuh Quirrel. Harry nyaris tak tertolong jika saja Dumbledore, kepala sekolahnya, tidak datang disaat yang tepat. whistle

Senin, 27 Desember 2010

BRISINGR


Begitu banyak janji, kesetiaan diuji, dan sekaranglah waktu untuk menepatinya.
Saat pertemuan dengan sepupunya, Eragon telah berjanji untuk menemukan Katrina, tunangan sepupunya, di menara hitam Helgrind tempat Ra’zac. Namun, ternyata tidak semudah dugaanya. Dengan Ra’zac sebagai musuh alami rasnya dan keseluruhan Helgrind adalah ilusi dari Galbatorix. Bisakah sepupunya bertahan? Disini ia belajar, betapa menakutkannya mengetahui nama sejati seseorang, seakan memegang seluruh masa depan, harapan, dan impian orang itu. Tanggung jawab yang ragu untuk disandangnya.
Eragon masih belum melupakan kematian Hrothgar, apalagi dengan kehadirannya sebagai Durgrimst Ingeitum. Orik meminta dukungannya, tapi Nasuada memohon padanya agar memilih Grimstborith dengan kemungkinan paling besar untuk menang, dan menyampaikan permohonan bantuan untuk Varden. Dua janji lagi, di saat yang bersamaan. Bisakah Eragon memilih pilihan yang memuaskan semua pihak?
Ellesmera masih membutuhkan dirinya, janji dengan Oromis mewajibkannya untuk kembali, Eragon pun masih perlu melanjutkan latihannya. Dari saudara seibunya, ia menanyakan tentang kebenaran ayahnya. Baik Oromis dan Saphira menunjukkan kebenaran, jawaban untuk hatinya. Eragon merasa senang karenanya, terlebih karena itulah kebenarannya. Oromis memberitahukan rahasia naga dan misteri dari kekuatan Galbatorix, mengapa ia tidak mau meninggalkan Uru Baen atau tidak bisa untuk meninggalkan Uru Baen. Setelah mendengarnya, Eragon mengerti arti pikiran-pikiran yang minta dilepaskan dari benak Murtagh. Bagaimanapun, ia tidak tega bahkan berpikir untuk melakukannya pada Saphira. Oromis dan Glaedr percaya padanya, dan menyerahkan kekuatan mereka, lalu menuju medan perang.
Christopher Paolini akhirnya berhasil menyelesaikan buku ketiganya September lalu. Novel ini masih menyajikan tampilan yang deskriptif, penuh intrik dan penjelasan yang menarik dalam setiap chapternya. Brisingr adalah nama api dalam bahasa kuno, juga nama sejati dari pedang Eragon. Sebenarnya, seri ini dimaksudkan untuk menjadi trilogi inheritence. Karena jumlah halamannya yang banyak, terpaksa dipecah menjadi dua seri. Eragon dihadapkan pada banyak pilihan, dan hanya satu yang membawa kebahagiaan baginya, seperti ramalan Angela. Yang menarik adalah bagaimana keberadaan dewa-dewa kurcaci, seperti saat-saat pentahtahan raja kurcaci. Eragon merasakan benak yang luas dan luar biasa hebat saat upacara. Sebagai anggota Durgrtimst Ingeitum, ia toh harus belajar iman masyarakat dimana dia menjadi bagiannya.
Setelah Oromis memasuki kehampaan, Glaedr merasa sendirian, seperti Eragon dan Saphira. Pada akhirnya mereka harus menuntaskan kesendirian mereka dan maju mengakhiri perang sesuai dengan keyakinan mereka masing-masing. Masih ada satu telur naga yang belum menetas. Eragon Shadeslayer dan Arya Shadeslayer bersiap-siap untuk melancarkan serangan mereka ke Ilirea, Uru Baen.

ELDEST

Ini adalah buku tetralogi kedua dari Eragon. Buku yang ternyata lebih tebal dari seri pertamanya ini tak kalah serunya loh . .
Dimulai tiga hari setelah Eragon membunuh Durza, Varden memulihkan diri dari pertempuran Farthen Dur, dan Ajihad, Murtagh, serta sikembar memburu para Urgal yang melarikan diri ke terowongan. Ajihad tebunuh ketika pertemperan melawan Urgal dan Murtagh serta sikembar lenyap dalam kekacauan. Dewan Tetua menunjuk Nasuada untuk menggantikan ayahnya, Ajihad sebagai pemimpin baru Varden dan Eragon Eragon bersumpah setia sebagai hambanya. Eragon dan Saphira memutuskan pergi ke Ellesmera untuk berguru kepada si Cacat yang Utuh.raja Kurcaci, Hrothgar mengadopsi Eragon sebagai klannya, Durgrimst Ingeitum dan Eragon menerimanya, itu membuat Eragon punya hakpenuh sebagai kurcaci dan boleh berpartisipasi dalam dewan kurcaci.
Arya dan Orik, anak angkat Hrothgar menemani Eragon dan Saphira dalam perjalanan munuju negeri para elf. Di jalan mereka bertemu dengan kaum kurcaci yang membenci klan penunggang dan naga cos dah banyak membunuh. Akhirnya mereka tiba di Du Weldenvarden, hutan para elf.
Disana Eragon dan Saphira bertemu dengan Islanzadi, ratu kaum elf, yang belakangan mereka ketahui adalah ibu Arya. Mereka juga beretemu dengan si Cacat yang Utuh, si elf renta Oromis. Ia juga penunggang, Oromis dan naganya Glaedr, menyembunyikan diri dari Galbatorix selama seratus tahun belakangan.
Baik Oromis maupun Glaedr menderita luka-luka alama yang menyebabkan mereka tidak bisa bertarung. Glaedr kehilangan satu kaki dan Oromis yang tertangkap dan disiksa kaum terkutuk, tidak bisa menggunakan sihir dalam skala besar dan sering menderita kejang. Kemudian Eragon dan Saphira mulai berlatih, mereka berlatih tentang sejarah ras-ras alagesia, seni berpedang dan bahasa kuno yang digunakan semua penyihir. Dan ia mendapati kesalahan besar ketika memberkati si bayi yatim piatu yang bernama Alfa, ia berniat mengucapkan “semoga kau dilindungi dari malapetaka”, tapi ternyata yang diucapkanya “semoga kau jadi pelindung dari malapetaka”. Sementara itu Saphira belajar dengan pesat bersama Glaedr, tetapi luka yang ditinggalkan oleh Dirza membuat latihannya terhambat.
Eragon mulai menyadari ia jatuh cinta pada Arya. Ia mengakuinya kepada Arya tapi si elf itu menolakanya (kenapa seperti ini Eragon, teruslah berusaha ucapku,hehehe). Kemudian para elf melaksanakan ritual yang disebut Agaeti Blodhren atau Perayaan Sumpah Darah yang mengubah dirinya menjadi campuran elf dan manusia, bekas lukanya sembuh total dan ia tampak agak mirip elf. Saat ini dia sangat dibutuhkan untuk menyerang kerajaan serta Saphira, sementara itu Nasuada telah memindahkan markas Varden dan Farthen Dhur ke Surd. Eragon dan Saphira beserta Orik meninggalkan Ellesmera dan berjanji akan melanjutkan latihannya.
Sedangkan sepupunya , Roran mengalami petualangan sendiri. Galbatorix mengirim Ra’zaca dan sekelompok prajurit untuk menangkap Roran supaya bisa dijadikan umpan untuk menangkap Eragon. Dia berhasil melarikan diri dan membawa penduduk Carvahall untuk pindah dari sana, ketika itu Sloan, tukang daging yang merupakan ayah dari Katrina sangat membenci dan tidak merestui pertunangan mereka, menghianati Roran kepada para Ra’zac dan pada akhirnya Katrina tertangkap. Dia berlayar dari timur dan berharap bisa berlayar ke markas Varden di Surda serta membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi pemimpin. Di pelabuhan Teirm, ia bertemu dengan Jeod, dan memberitahunya bahwa Eragon adalah penunggang naga, serta menjelaskan apa yang dicari Ra’zac, Saphira.
Kemudian dia menawarkan diri bersama istrinya, Elena membantu Roran dan membajak kapal lalu berlayar menuju Surda. Eragon dan Saphira mencapai Varden dan mendengar kabar Elva, sosoknya sudah seperti anak empat tahun dan memiliki suara serta sikap seperti orang dewasa yang letih akan kehidupan. Eragon, Saphira dan kaumVarden bergerak menghadapi pasukan kerajaan melintasi Burning Plains – Dataran membara. Mereka terkejut ketika ada Penunggang lain muncul menunggangi naga merah, penunggang tersebut membantai Hrothgar, dan kemudian bertarung melawan Eragon dan Saphira. Ketika berhasil membuka paksa helmnya, ia terjekut setengah mati ternyata Murtagh. Dia tidak mati, ternyata sikembar merencanakan itu semua. Raja memaksa Murtagh bersumpah dan setia kepadanya dengan bahasa kuno.
Murtagh mampu membuat Eragon dan Saphira kewalahan dengan kekuatan yang tidak tertandingi. Meski demikian, membebaskan mereka karena mengingat mereka pernah berteman. Sebelum Murtagh pergi, ia mengambil Za’roc dia berhak mewarisinya karena ia putra pertama Morzan dan ia bukanlah satu-satunya putra Morzan, Eragon dan Mortagh bersaudara. Keduanya putra Selena, sontak membuat Eragon kaget dan gak tahu meski berbuat pa. akhirnya mereka mundur dari medan perang dan kembali bertemu Roran dan penduduk Carvahall bertarung dengan gagah berani dan berhasil membunuh si Kembar. Eragon dan Roran melupakan perselisihan mereka akibat peran Eragon dalam kematian Garrow, dan Eragon bersumpah akan membantu Roran menyelematkan Katrina dari para Ra’zac.

ERAGON

Bagi penikmat buku fantasi, wajib baca novel yang satu ini, Eragon. Buku ini merupakan salah satu dari tetralogi Eragon yang di karang oleh Christopher Paolini. Di daratan Alagaesia, hiduplah Klan Penunggang Naga dengan naga-naganya, yang senantiasa menjaga ketentraman kehidupan daratan Alagaesia. Negeri pun mengalami masa kejayaan.
Namun, Klan Penunggang Naga punah karena salah seorang berkhianat dan membujuk Penunggang-Penunggang lain mengikuti jejaknya. Maka pertumpahan darah antar penunggang pun terjadi, dan Kaum Terkutuk (penunggang yang berkhianat) memenangi pertarungannya. Sang pengkhianat bernama Galbatorix, yang sekarang menjadi raja Alagaesia. Ia memerintah dengan kejam, sehingga beberapa orang yang setia pada klan Penunggang memberontak dan membentuk kelompok Varden. Galbatorix memiliki 3 butir telur naga, yang ia tunggu bertahun-tahun untuk menetas di bawah kekuasaannya, sehingga 3 orang Penunggang baru akan menjadi anak buahnya. Sayangnya, salah satu telur berhasil dicuri para Varden.
Arya, wanita elf, merupakan salah satu dari yang terlibat pencurian telur naga dari Galbatorix, berniat membawanya ke Varden, kelompok berbagai ras yang menentang Galbatorix. Disergap oleh Durza, Shade. Dan Arya pun dengan sihir memindahkan telur tersebut ke Pegunungan Spine. Arya ditahan oleh Durza, dan dijadikan tawanan di Gil’ead.
Eragon, anak petani berusia lima belas tahun yang tinggal di Carvahall, terkejut ketika menemukan batu biru mengilap di pegunungan Spine ketika sedang berburu. Eragon membawa batu itu ke pertanian tempat ia bersama pamannya, Garrow, dan sepupunya, Roran. Garrow dan alhmarhumah istrinya, Marian yang membesarkan Eragon. Selena, ibu Eragon adalah saudara Garrow yang menitipkan anaknya, Eragon untuk tinggal bersamanya, dan ia pergi karena suatu hal. Tidak ada yang tahu soal ayahnya.
Roran yang usianya sebentar lagi genap akan dijadikan tentara oleh kerjaan, memutuskan untuk pergi merantau dan pergi dari Carvahall agar tidak dijadikan tentara kerajaan.
Beberapa hari kemudian, batu itu menetas dan didapati bahwa batu tersebut merupakan telur naga. Ketika Eragon menyentuh anak naga betina itu, di telapak tangannya muncul tanda berwarna keperakan, dan terbentuk ikatan tak terputuskan antara Eragon dengan naga itu. Naga itu bernama Saphira.
Galbatorix yang mengetahui kehilangan telur itu, memberikan tugas kepada Shade untuk mencari batu yang dulu merupakan telur Saphira. Ia mengingat ramalan kaum Varden bahwa waktu bagi penunggang naga akan tiba, dan Galbatorix akan ditantang dan dikalahkan pada suatu saat. Durza pun memanggil dua Ra’zac, makhluk asing berpenampilan bengis dan tiba di Carvahall, Eragon dan Saphira berhasil menghindari mereka, tetapi kedua Ra’zac menghancurkan rumah Eragon dan membunuh Garrow. Eragon bersumpah akan mencari dan membunuh Ra’zac.
Bersama brom, pendongeng Carvahall, Eragon dan Saphira menuju selatan untuk bergabung dengan kaum Varden. Selama perjalanan, Eragon belajar bertarung dan menggunakan sihir.. Brom memberinya pedang merah bernama Zar’roc, yang dulu merupakan pedang Penunggang Naga, walaupun si pendongeng itu tidak mau mengatakan bagaimana ia bisa memperolehnya.
Mereka pun mengunjungi kota Teirm, membeli perbekalan. Eragon diramali oleh ahli tanaman obat, Angela bahwa peperangan dekat di depan mata.
Lewat mimpinya Eragon mengetahui bahwa Arya berada di Gil’ead, dengan segenap keberanian ia berniat untuk membebaskan Arya. Eragon bertemu dengan Shade, ketika Shade hendak membunuh Eragon, Brom datang untuk menyelamatkan Eragon dan ia pun terkena tusukan dari pedang Shade. Dengan bantuan Murtagh, Eragon melarikan dri dari penjara sambil membawa Arya dan Brom. Arya telah diracun dan butuh bantuan medis dari kaum Varden segera. Brom sekarat dan akhirnya meninggal. Ia dikuburkan dengan sihir oleh Saphira. Eragon dan Saphira pun mendapati bahwa Brom adalah penunggang pula. Naganya dibunuh oleh Morzan, salah satu kaum terkutuk.
Dikejar segerombolan Urgal, mereka melarikan diri ke Varden. Sesampainya di Varden, Eragon memperkenalkan diri kepada Ajihad, pemimpin Varden sebagai penunggang dan menunjukkan naganya. Arya segera diobati oleh kaum Varden, dan Murtagh dipenjara, karena keturunan Morzan, yang merupakan kaum terkutuk atau sekutu Galbatorix. Morzan terbunuh oleh Brom. Murtagh, secara tidak berhasil meyakinkan bahwa ia mencela perbuatan ayahnya dan meninggalkan Galbatorix untuk menjalani hidupnya sendiri.
Durza menggalang kekuatan seluruh pasukan Galbatorix untuk menyerang Varden. Pasukan Galbatorix datang melalui terowongan-terowongan kurcaci. Pertempuran terjadi. Durza yang sedemikian kuat, dengan mudah membuat kewalahan Saphira dan Eragon. Namun akhirnya Eragon mendapatkan saat yang tepat untuk menikam jantung Durza. Pertarungan pun dimenangi oleh kaum Varden.
Ketika Eragon sadarkan diri, Arya tengah di perjalanan menuju Ellesmera, ibukota para elf.
Eragon secara telepatis dihubungi sosok yang menyebut diriinya sebagai Togira Ikonoka-si Cacat yang Utuh. Di akhir buku ini, Eragon memutuskan bahwa ia akan menemukan Togira Ikonoka ini dan berguru kepadanya.
Tetralogi buku Eragon sangat menarik untuk dibaca, memberikan inspirasi bagi para pembacanya. Bertemakan petualangan, buku Eragon mengombinasikan sihir dengan perang tradisional. Penulis benar-benar memiliki konsep yang kuat, imajinasinya tinggi menjadikan cerita yang fiksi menjadi terlihat lebih nyata.
Penulis ahli dalam mendeskripsikan secara rinci setiap kejadian dan setiap tokoh, memberikan gambaran yang jelas akan apa yang ada dan yang terjadi dalam peristiwa tersebut. Menggunakan alur maju mundur, menjadikan semua yang terkandung di dalamnya penting dan terlihat kesinambungannya di akhir cerita.
Latar cerita ini ada di daratan Alagaesia, namun tidak disebutkan waktunya (tahun).
Eragon merupakan tokoh yang protagonis, terlihat dari sikap-sikapnya yang baik dan ingin membela semua rakyatnya. Durza bersifat antagonis, sama seperti Galbatorix, yang mengedepankan kepentingan diri sendiri dan ingin menguasai seluruh Alagaesia di kekuasaan tangannya. Murtagh merupakan orang yang semula protagonis, walaupun ayahnya merupakan tokoh yang antagonis.
Kekurangan pada buku ini, walaupun setiap kejadiannya dideskripsikan secara rinci, namun kejadian tiap harinya, seperti apa yang seorang tokoh makan dan apa yang seorang tokoh minum, tidak dijabarkan seperti pada novel-novel lain. Tokoh Eragon sangat mendominasi dan terkesan sangat hebat juga tak terkalahkan, jarang sekali terjatuh, dan hampir selalu berhasil dan menjadi pemenang dalam setiap konflik atau pertarungan.
Kita dapat mengambil amanat dari buku ini bahwa, jadilah pemain, jangan hanya menjadi penonton. Inisiatif ketika mendapatkan masalah dan utamakan kepentingan warga dibandingkan dengan kepentingan pribadi masing-masing.

Sabtu, 25 Desember 2010

DUA SISI DUNIA


Buku yang penuh kajian filosofis hidup biasanya jitu membuat kita melek lingkungan. Sayang, buku ini suka bikin ngantuk! Habis, biasanya buku filosofis mengajak kita merenung dan ujungnya menguras otak. Tapi, ada juga buku filosofis yang tidak membuat ngantuk seperti 'The Devil and Miss Prym' dari Paulo Coelho. Buku ini menceritakan tentang kehidupan penuh dengan orang tamak, pengecut dan ketakutan. Asiknya, buku ini berbentuk fiksi. Ceritanya tentang pertemuan Miss Prym dengan orang asing yang membawa 11 emas batangan. Disitu, kita melihat bagaimana setiap orang memilih jalan hidupnya. Mengikuti aturan yang benar, atau jalan pintas. buku ini ingin menunjukan, apakah sebenarnya sifat asli manusia, baik atau buruk?
Kalau buku dari Paulo Coelho itu masih terasa berat, kita bisa baca 'Setengah Isi Setengah Kosong' karangan Parlindungan Marpaung. Buku ini berupa kumpulan cerpen filosofis yang dianalogikakan melalui banyak hal. Misalnya, kisah tokekm yang ikut lomba manjat bareng binatang lainnya. Betapa si tokek sangat dianggap remeh diawalnya. Setelah si tokek berhasil, orang - orang yang meremehkannya dulu, langsung berbalik menyanjungnya. Kisah ini menunjukan bahwa kita tidak perlu pusing dengan omongan orang, cukup melakukan yang terbaik. Buku ini bagus untuk mengajarkan kita untuk memandang hidup dari berbagai sisi.

BERBEDA ITU INDAH


Sepintas, format buku yang mengulas tentang indahnya menjadi seseorang yang berbeda, mirip dengan fiksi yang fun untuk dibaca. Hal ini terjadi supaya kita bisa memahami tanpa terasa digurui. Hasilnya? Memang bagus dan bisa dengan cepat kita pahami. Salah satunya adalah 'Totto-chan' karangan Tetsuko Kuroyanagi yang berupa otobiografi dirinya sendiri. Buku ini mengulas serunya pengalaman Totto-Chan, seorang anak yang mempunyai rasa ingin tahu yang luar biasa besar. Totto-Chan sering melakukan hal-hal aneh seperti mengajak ngobrol burung yang sedang membuat sarang, atau meminta pengamen untuk menyanyi di dekat jendela kelasnya. Karena kelebihannya itu, Totto-chan terpaksa dipindahkan ke Tetsuo Gakuen, sekolah unik khusus untuk anak - anak sepertinya. Di Tetsuo Gakuen, bakat penasaran Totto-chan makin tersalurkan. Ia pun makin PD dengan dirinya yang agak berbeda.
Kita juga bisa baca 'Stargirl' karangan Jerry Spinelli. Buku ini memang khusus dibuat untuk remaja seusia kita. Bahasanya fun, covernya simple tetapi menarik. ceritanya tentang Stargirl, si cewek unik yang sering dandan nyentrik ke sekolah. Dia sering nyanyi - nyanyi di kantin tanpa peduli tatapan sinis satu sekolah. Keunikan Stargirl ternyata telah berhasil memukau seorang cowok bernama Leo, salah satu cowok di sekolahnya. Sampai disatu titik, keunikan Stargirl dianggap suatu kehebatan dan Stargirl menjadi populer. Ternyata unik tidak selalu identik dengan hal yang aneh

SELF IMPROVEMENT


Sekarang ini, ada puluhan bahkan ratusan judul buku tentang self-improvement. Mungkin, karena itu juga kita berasumsi bahwa buku tersebut isinya beragam. Padahal, ada juga yang memakai metode berbeda dan lebih menarik. Contohnya,'7 Habit Of Highly Effective Teens' dari Sean Covey. Di buku ini, kita bisa berkaca tentang kebiasaan baik apa yang selama ini lupa kita lakukan. Buku ini sama sekali tidak terkesan menggurui, justru bisa menjadi panduan yang baik dalam hidup.
Nah, buku yang satu ini memang tidak dirancang sebagai buku self-improvement. Tapi, 'Post Secret: My Secret' dari Frank Warren mengajak kita belajar melalui pengkuan remaja lain didunia yang punya masalah tersembunyi. Dari buku ini kita bisa melihat bahwa banyak remaja yang pernah terjerumus. Post Secret awalnya merupakan sebuah forum buka-bukaan rahasia secara bebas dan terbuka di Internet. Karena peminatnya banyak, dibuatlah versi buku ini.

TRUE STORY

Buku jenis ini mempunyai kekuatan besar karena diangkat dari kisah nyata. Seperti kisah Dave Pelzer dalam buku 'A Child Called It', yang bercerita tentang kekerasan yang dialami Dave semasa kecil. Walaupun sadis, tetapi kita bisa mencontoh sikap Dave yang akhirnya bisa move on dan tumbuh menjadi orang yang normal. Buku ini membuka mata kita bahwa nasib kita masih beruntung karena mempunyai keluarga yang sayang dan perhatian.
Khusus untuk kita yang sering merasa risau dengan penampilan, wajib baca 'Beautiful Stranger' karangan Hope Donahue. Di sini diceritakan betapa rasa kurang pede bisa membuat Hope kecanduan dengan operasi plastik dan suntik botox sampai rela menguras kocek cukup besar setiap tahunnya untuk 'memperbaiki' wajahnya sampai bangkrut! Inti kisah ini adalah, kita harus bisa menghargai diri kita sendiri sebagai ciptaan Tuhan. Reparasi fisik sebanyak apapun akan selalu terasa kurang karena pada dasarnya sifat manusia memang tidak pernah ada pusanya.

Jumat, 24 Desember 2010

SEMANGAT PEPERANGAN

Eits, jangan keburu ngeri membaca kata perang. Maksudnya adalah buku yang bercerita tentang perjuangan terhadap segala bentuk penindasan. Seperti menonton film Crash atau Babel saja dalam versi buku. Buku 'To Kill A Mockingbird' karangan Harper Lee, misalnya, bercerita tentang perjuangan seorang anak kulit hitam beserta keluarganya dalam menentang rasisme. Diceritakan bagaimana kakak-beradik Jeremy dan Scout Finch melihat penindasan rasisme melalui kasus yang ditangani ayahnya, Attius Finch merupakan seorang pengacara. Di sini, kita 'diajarkan' bagaimana memupuk toleransi terhadap perbedaan di sekitar kita.

Adapula buku 'The Woman Warrior' yang ditulis oleh Maxine Hong Kingston
yang berisi tentang diskriminasi wanita di Cina. Konon, di Cina ada satu pameo bahwa memiliki anak perempuan tidak membawa untung karena toh nantinya akan dinikahkan pada orang asing. Buku ini, menceritakan kisah penindasan terhadap hak asasi perempuan yang terjadi di keluarga Maxine sendiri. Bagaimana tantenya terpaksa bungkam kalau ada lelaki yang melakukan pelecehan seksual dan kalau sampai buka mulut, masyarakat sekitar malah menghujat dan mengucilkannya karena dianggap hina. Intinya, jadi wanita di zaman itu sangat serba salah. Beruntunglah kita yang kini sudah mempunyai lembaga pembela hak asasi perempuan.

Curi Ilmu Lewat Buku

Curi Ilmu Lewat Buku tuh.. gampang banget,,
kamu bisa dapetin berbagai informasi dari suatu buku,, sekarang yang namanya buku tuh dah banyak sekali ragam isinya.. mulai dari True Story, Self Improvement, bisnis, Novel dan banyak lagi dech pokoknya. asalkan kita punya niat dan tujuan membaca itu untuk nambah pengetahuan kita, atau mungkin bisa jadi sebagai guru yang selalu setia membagikan ilmunya untuk kita,
terkadang dari membaca suatu buku kita bisa mendapat bahan renungan untuk hidup kita, dan bahkan mungkin bisa menggugah hati dan jiwa kita, biasanya buku seperti itu dalah buku-buku tentang Self Improvement atau dari True Story,, Waahh, pokoknya banyak banget buku-buku berkualitas yang musti kita baca. .